Komplain Sebagai Bentuk Cinta Pelanggan Terhadap Bisnis Kita

Komplain Sebagai Bentuk Cinta Pelanggan Terhadap Bisnis Kita

peluang usaha, peluang, usaha, waralaba, putu, komplain, pelanggan, bisnisPutu Holic | Pelanggan bisa kita kita sebut sebagai seseorang yang sudah sering bahkan terkadang selalu membeli produk yang kita, sehingga bisa kita katakan mereka adalah orang-orang yang sudah mencintai bisnis kita.

Memiliki pelanggan yang cinta pada bisnis kita tentu akan memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis kita. Namun terkadang sering terjadi masalah antara kita dengan pelanggan bahkan dengan seseorang yang belum menjadi pelanggan kita.

Masalah-masalah tersebut terlihat dari berbagai keluhan atau komplain yang ditujukan pada bisnis kita, komplain tersebut bisa bermacam-macam mulai dari yang kecil hingga besar. Tetapi terkadang kita tidak menyukai adanya komplain yang masuk kedalam ruang kerja kita, bahkan melihat komplain sebagai sesuatu yang harus dihindari.

Padahal hal tersebut merupakan tindakan yang salah, karena komplain tersebut merupakan bentuk cinta pelanggan kita terhadap bisnis kita. Pelanggan kita begitu mencintai bisnis kita sehingga tentu saja mereka berharap bisnis kita akan berkembang, sehingga mereka melakukan komplain dengan harapan komplain bisa ditanggapi dengan baik sehingga bisnis kita akan berkembang.

Namun terkadang adakalanya  komplain tersebut hanya merupakan sebuah penyaluran rasa marah atau frustasi mereka terhadap sesuatu yang lain yang tidak berhubungan dengan bisnis kita.

Untuk itu perlu dilakukan pendekatan kepada orang-orang yang melakukan komplain terhadap bisnis kita. Sebab apabila kita melakukan segala sesuatu dalam keadaan kesal atau marah sudah dipastikan akan menghasilkan sesuatu yang tidak baik dan terkadang tidak bermanfaat.

Apabila pelanggan maupun konsumen seperti itu bisa kita dekati maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan menjadi pelanggan yang sangat loyal terhadap bisnis kita.

Untuk itu tentu saja kita memerlukan karyawan yang bisa mewujudkan semua itu, sehingga kita tidak bisa menempatkan sembarangan orang dalam bagian yang akan berhadapan dengan komplain.

Paling tidak orang-orang yang akan ditempatkan dalam menerima komplain adalah orang yang memiliki empati dan dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga diharapkan dengan adanya orang-orang tersebut bisnis kita akan bisa berkembang dan maju.

 

Posted in Artikel Tagged with: , , , , , , ,